Minggu, 30 Desember 2012

MANAJEMEN
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.
Jenjang manajemen dalam organisasi pada dasarnya terbagi tiga bagian yaitu :
1.       Top manajer : manajer puncak meliputi manajer yang diduduki  dewan direksi atau Chief Executif officer (CE) dengan tugas menyusun rencana perusahaan maupun pengelolaan harta perusahaan.
2.       Midle manajer : Di sebut juga manajer administrasi yang meliputi manajer-manajer divisi yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan operasionil rencana yang telah di susun oleh top manajer.
3.       Manajer Lini : Bertugas mengawasi pelaksanaan kegiatan operasional yang telah dilakukan oleh karyawan sehari-hari.

Fungsi Manajer :
a.       Planning (perencanaan)
b.      Organizing (pengorganisasian)
c.       Directing (pengarahaan)
d.      Coordinating (koordinasi)
e.      Controling (pengawasan)

ORGANISASI
Organisasi merupakan salah satu rencana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seoarang pimpinan dengan organisasi yang tercipta diperusahaan yang bersangkutan.Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi terutama struktur organisasi yang di anut.
Pola Organisasi :
·         Organisasi Formal
Organisasi formal adalah organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan menggunakan sistem tugas,hubungan wewenang,tanggung jawab maupun pertanggung jawaban dirancang oleh manajer agar pekerjaan dapat dilaksanaan sesuai peraturan yang telah disepakati bersama.
·         Organisasi Informal
Organisasi ini terjadi karena adanya komunikasi antar sesama karyawan yang dengan cepat menyebar informasi melalui desas-desus dari mulut ke mulut.


Struktur Organisasi :
Struktur organisasi yang di bentuk akan selalu berdasarkan pada tiga komponen organisasi,yaitu :
1.       Interaksi manusia
2.       Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3.       Struktur organisasi itu sendiri

Bentuk Organisasi :
Bentuk struktur organisasi dapat di bagi menjadi 6 golongan,yaitu :
1.       Organisasi Lini
2.       Organisasi Fungsional
3.       Organisasi Lini dan Staf
4.       Organisasi Fungsional dan Lini
5.       Organisasi Matrix
6.       Organisasi Komite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar